Tag: makanan

Konsultasi#272: Perut Terasa Panas Ketika Makan Makanan Pedas

Selamat sore Dok. Saya gadis berumur 20 tahun. Tahun 2011 bulan April saya menderita usus buntu lalu saya hrs melakukan operasi. Operasinya berjalan dgn lancar. Setelah 2 minggu operasi ,kata dokternya blh makan apa aja bebas pantangan. Saya memang penyuka makanan pedas dok. Hobi saya makan bakso ,mie instan di sertai sambal yg pedas. Skrg ...

Konsultasi#189: Tidak Bisa Gemuk. Apa Sebabnya?

badan saya tidak gemuk-gemuk, padahal kalau makan porsinya sudah saya tambahkan (tapi kadang-kadang jam makannya tidak teratur), apa karena makanan yang saya makan tidak bergizi ?? tapi tiap hari juga saya selalu minum susu ,, jadi, masalahnya dimana dan solusinya bagaimana ?? trimakasih … (I) Jawab: Selamat siang I, Prinsipnya begini: Ada dua hal yang ...

Penatalaksanaan Gizi Pada Pasien Diabetes Mellitus

Definisi DM Diabetes mellitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan hormon insulin secara absolut maupun relatif (Tjokroprawiro, 2006) Diabetes disebut juga gangguan metabolisme yang secara genetis dan klinis termasuk heterogen dengan manifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat. Jika telah berkembang penuh secara klinis maka diabetes mellitus ditandai ...

Konsultasi#145: Sudah Sembuh kah Anak Saya Dari Thypus?

anak saya perempuan 2th 9bln terkena thypus dan dirawat selama 8hari di rumah sakit,,stlh 8 hari dirawat dan tidak ada panas dokter sudah mengizinkan pulang tp dgn catatan bedrest 1minggu dirumah,,nah skrg sdh lewat masa bedrest dan anak saya sudah lincah,,makan lahap,,bab teratur dan tidak ada panas sama sekali kelihatan sehat apakah anak saya sudah ...

Konsultasi#97: Tumit Sakit…

Dok kenapa tumit kaki saya kalo di injakin sakit ,makanan apa yang bisa menimbulkan sakit dan makanan apa pula yang bisa menyembuhkan..? terus bahaya tidak kalo mengkonsumsi obat yang di berikan untuk menghilangkan rasa sakit ini ? (EN) Jawab: Saya tidak tahu apa makanan yang menyebabkannya demikian. Kedua tumit kah? Atau salah satu saja? Belum ...

Konsultasi#84: Berat Badan Anak Tidak Naik-naik

Sore sam, anak saya umur 4 tahun, berat badannya hanya 13 kg. makan sangat susah,baru makan sedikit katanya sudah kenyang. Geraknya sangat aktif,daya tanggap mudah hafal. Yang saya khawatirkan umur 4 tahun dengan berat badan seperti itu apakah masih dalam taraf kewajaran? (L) Jawab: Selamat malam ibu. Umur anak ibu lebih tepatnya 4 tahun berapa ...

Konsultasi#57: Diet Yang Baik dan Benar. Kira-kira yang Bagaimana ya?

kalo buat diet, yang baik dan benar serta bersahabat itu yang gimana ya? ada tips khusus atau gimana gitu? thanks yaa.. sory lewat PM.. Jawab gak apaapa gan. banyak juga kok lewat PM. “hidup seimbang artinya asupan diet yang baik serta olahraga yang cukup” Kalau kita hanya mengandalkan diet saja tentu kita tidak bisa mempertahankan ...

Konsultasi#47: Diare Lebih Seminggu. Apa Obatnya?

Selamat siang pak Sam. Saya mau tanya. Anak saya 8 tahun sudah satu minggu ini diare. Gak sembuh2. Kira-kira apa sebabnya dan apa obatnya ya? Terima kasih, sukses selalu ya pak! Jawab: Siang juga pak. Diare itu ada jenis. Diare akut dan diare kronis. Diare akut merupakan diare yang terjadi selama kurang lebih dua minggu. ...

Konsultasi#37: Penderita Tifus Boleh Minum Alkohol kah?

Mau tanya nih mas. Temanku ada yg sakit tifus. Terus dia ngotot minum alkohol 10%. Aku udah berusaha larang dia tu. Tapi tetap gak mau dengar. Kira-kira boleh gak orang sakit tifus minum alkohol? Aneh tu anak! (A) Jawab: Beruntung sekali teman anda itu punya teman yang peduli seperti anda. Tifus itu sebenarnya merupakan penyakit ...