Kini, MorphostLab lagi-lagi merilis produk antivirusnya di Indonesia. Versi kali ini jauh lebih baik dibanding Morphost Expert yang biasa. Karena pada versi kali ini sudah cukup banyak kesalahan lama yang sudah diperbaiki. Selain itu ada penambahan metode heuristik atau metode pendeteksian malware (virus/worm/trojan) baru pada Morphost Versi 8.


Mengapa Morphost antivirus dikembangkan?
Ada banyak latar belakang dan alasan kenapa Morphost Antivirus masih terus dikembangkan. Melihat penyebaran malware di Indonesia yang belum terhenti juga, maka sangatlah baik bila antivirus-antivirus lokal yang ada di Indonesia mau bekerja sama untuk memberantas malware-malware tersebut.
Ditambah lagi, Morphost Antivirus merupakan salah satu antivirus lokal terbaik yang dimiliki Indonesia. Dan jumlah penggunanya juga menunjukkan angka yang tinggi. Dan Morphost juga termasuk salah satu dari 5 antivirus lokal yang mempunyai pengaruh besar di Indonesia.
Berangkat dari permasalahan dan alasan tersebut maka dikembangkanlah suatu antivirus lokal yang disebut Morphost Antivirus.

APA SAJA KELEBIHAN MORPHOST VERSI 8?

Morphost Versi 8 mampu deteksi virus Impor/Internasional.
Sudah semakin banyak virus impor yang mampu dideteksi oleh Morphost versi ini. Jangan salah paham. Yang dimaksudkan disini bukan lah induk virusnya, karena pendeteksian induk virus tidak lah sulit. Melainkan virus impor yang dimaksudkan disini adalah pendeteksian terhadap FILE-FILE YANG TERINFEKSI VIRUS IMPOR/INTERNASIONAL.
Kini Morphost Expert Plus mampu mendeteksi file-file yang terinfeksi virus Sality, Alman, Virut, Troxa atau Drowor, Runonce atau Runouce atau ChirB@mm, Pharaoh atau Mabezat.B, Tenga atau Gaelicum, Sohanad, Parite, Fosforo, beberapa varian Silly, Funlove.4070, Funlove.3662, Alcaul dan beberapa varian Paradise. Dan beberapa detektor virus khusus Induc, Agent, Small, Xorer dan sebagian varian Silly masih dalam pengembangan. Untuk mendeteksi file-file terinfeksi virus di atas, tentunya tidak pakai checksum ataupun pemeriksaan string, melainkan dengan metode heuristik milik Morphost.
Beberapa virus diatas hanya dapat dideteksi Morphost Antivirus. Dan tidak tertutup kemungkinan bahwa Morphost bisa menjadi antivirus lokal yang paling banyak mendeteksi file terinfeksi virus.

Morphost Expert Plus lebih cepat daripada Morphost Versi 7 ke bawah.
Hal ini sudah kami uji dengan pembandingan Morphost terbaruyang satu ini dengan Morphost-morphost yang lama. Selain itu kami juga membandingkan kecepatan Morphost ini dengan hampir semua antivirus lokal yang ada. Dan hasil dari pembandingan, kecepatan Morphost Versi 8 jauh di atas nilai rata-rata kecepatan antivirus lokal.

Database Morphost sangat ringan
Untuk saat ini database Morphost yang bersifat eksternal ini masih berukuran dibawah 20KB. Bayangkan, butuh berapa lama untuk mendownload file yang berukuran 20KB??? Database Morphost bersifat eksternal jadi user tidak perlu susah-susah mendownload ulang scanner utama antivirus (karena databasenya bersifat internal).
Selain itu, database Morphost diisi dengan 700 signature virus-virus paling baru. Tim MorphostLab sendiri sudah memilah-milah virus-virus yang sudah punah dengan virus-virus yang masih menyebar. Jadi, signature VIRUS YANG SUDAH PUNAH tidak ada lagi dalam database Morphost.
Signature virus dalam database Morphost pun dilengkapi dengan HiddenSignature dan InternalDatabase. HiddenSignature sengaja dibuat untuk pendeteksian varian-varian virus yang sudah dikenal sebelumnya. Dan virus-virus varian baru yang varian lamanya sudah terdeteksi biasanya akan terdeteksi juga.
Lalu, InternalDatabase yang kami maksudkan disini adalah database khusus pendeteksian file terinfeksi virus impor dan virus lokal yang tipe infeksinya mirip. Internal database ini tidak perlu diupdate karena memang merupakan metode heuristik milik Morphost.

Morphost menggunakan Metode Pendeteksian yang baru
Metode pendeteksian yang dipakai Morphost tergolong masih baru dan ampuh. Kami sebut baru karena masih belum ada antivirus lokal lain yang memakai teknik tersebut. Salah satu metode scanning yang dipakai Morphost adalah dengan HiddenSignature yang cukup akurat untuk mendeteksi varian-varian baru dari varian virus lama. Selain itu metode lainnya adalah heuristik dengan pemeriksaan rutin PE setiap file aplikasi. Khusus untuk pemeriksaan PE, telah dikembangkan juga heuristik baru untuk pendeteksian 7 tipe/jenis infeksi umum oleh virus. Metode ini akan saling membantu atau mensupport detektor-detektor virus yang sudah disebut di atas tadi.
Metode-metode ini sudah diuji dan tergolong ampuh oleh sekelompok tester-tester pilihan MorphostLab.

Morphost Antivirus Lokal dipersembahkan untuk Indonesia
Morphost antivirus lokal ini bersifat gratis ataupun freeware dan tidak ada garansi selama penggunaan antivirus lokal ini. Morphost merupakan antivirus lokal buatan Indonesia yang sengaja diciptakan untuk pemberantasan malware lokal khususnya worm lokal secara tuntas. Morphost Antivirus fokus terhadap semua malware baik itu lokal maupun non lokal yang membandel di Indonesia, dan terlebih lagi pada file-file yang terinfeksi virus impor. Dalam hal ini Morphost lebih mengutamakan pencegahan dan perlindungan virus impor terhadap komputer/laptop Indonesia.
Antivirus lokal ini menggunakan bahasa pengantar Indonesia untuk kemudahan penggunaan dan tampilan yang sederhana ataupun tidak rumit. Tentunya user akan lebih mudah beradaptasi ataupun menggunakan Morphost Antivirus lokal ini.

HAL-HAL BARU LAINNYA DARI MORPHOST VERSI 8

Tampiilan lebih landscape!
Kalau versi-versi Morphost sebelumnya terlihat portrait, versi kali ini Morphost dibuat lebih landscape. Morphost versi 8 ini terlihat lebih menawan dibanding versi sebelumnya. Ditambah lagi campuran warna hijau muda dan tua-nya yang makin fresh. Tidak seperti versi-versi sebelumnya yang hanya menggunakan hijau tua saja.

Move-up and move down! Come on guys!
Morphost versi 8 makin ter-animasi saja! Kalau anda menekan tombol “scanning” dan “database” tombol lain akan bergeser move-up and move-down. Anda bisa coba sendiri. Selain itu, listview untuk “Virus Found” dan “Dugaan Virus” juga telah menggunakan teknik ini. Geser kanan dan geser kiri!

Bagaimana dengan tools barunya?
Sebenarnya tidak banyak penambahan tools di versi baru ini. Tapi ada satu tools yang cukup bagus di versi ini. Anti-Keylogger?! Nah, tools ini bisa anda gunakan untuk mengecek apakah ada keylogger di komputer anda. Sangat cocok digunakan di komputer warnet dan komputer-berbagi.

Apakah Morphost versi 8 mati saat scanning?
Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, perlu penjelasan yang cukup rumit. Untuk kerusakan pada versi 7 kemarin telah diperbaiki di versi 8 ini. Tidak ada lagi yang namanya “Mati saat scanning” pada versi 8 ini.
Tapi di beberapa komputer yang jumlah filenya sangat banyak (luar biasa banyak), terkadang Mophost bisa not-responding. Ini bukan diakibatkan karena kerusakan pada scanning Morphost, melainkan karena Morphost tidak kebagian memory.

Penambahan 6 Detektor Baru!
Ada enam detektor yang ditambah di versi kali ini. Dua detektor untuk induk virus, satu detektor untuk keylogger dan 3 detektor lain untuk shortcut virus. Nah, Morphost versi 8 ini dijagokan untuk memproteksi komputer dan laptop dari virus-virus shortcut yang belakangan ini beredar. Dan banyak flashdisk yang terinfeksi karena malware ini.
Dengan Morphost 8, virus yang menghinggapi flashdisk anda dapat terdeteksi! Kami sebut virus ini “RandomShortcut”

Cara update database-nya makin gampang!
MorphostLab telah memudahkan anda semua untuk mengupdate database Morphost. Hanya satu kali klik, tunggu hingga 100%, database Morphost telah terupdate?! Tentunya dibutuhkan koneksi internet untuk hal ini.

Bagaimana dengan RTP Morphost?
RTP Morphost sampai saat ini berstatus “siap menjaga komputer anda”. Morphost telah stand-by mengeluarkan alarm jika ditemukan virus. Ada sedikit perubahan tampilan RTP-nya. Dan kini RTP pun sudah lebih baik dibanding RTP sebelumnya.

Buzz! Buzz! And BUZZ?!
Anda tahu efek Buzz pada YahooMessenger? Kalau anda sering ber-YM tentu anda tahu istilah “BUZZ”. Jadi efek buzz ini seperti efek bergetar…
Begitu Morphost menemukan virus, RTP Morphost akan bergetar alias “nge-buzz”?!

FalseAlarm makin kecil!
Nah, belajar dari pengalaman versi terdahulu, kemungkinan false alarm pada versi 8 ini telah diperkecil. Kesimpulannya, anda tidak perlu takut lagi dengan false alarm. Morphost telah membagi dua kolom semua hasil deteksinya. Kedua kolom itu adalah “Virus Ditemukan” dan “Dugaan Virus.” Jadi semua yang masuk ke dalam kolom list “Dugaan Virus” masih berstatus “DUGAAN”

Sekarang juga anda bisa unduh atau download produk kami Morphost Antivirus dengan mengklik tombol ini:

By: Morphic Karta @ MorphostLab

http://www.morphostlab.co.nr