Halo gan. Udah dua hari mataku bengkak. Rasanya gatal dan terlihat kemerahan.
Ada beleknya juga. Terus menerus bertambah.

Apa obatnya itu gan? Kenapa bisa begitu?
Kata temanku obatnya yg bagus cendo xitrol ato cendo fenicol. Mana yg lebih bagus?

Trims.
(T)

Jawab:
Mata bengkak seperti yang kamu jelaskan bisa saja disebabkan oleh infeksi ataupun alergi.

Biasanya banyak orang awam tanpa tanya ke dokter sering memakai obat tetes cendo xitrol atau sebagian yang lain membeli cendo fenicol ataupun cendo tobro.
Kedua jenis obat itu memang obat tetes mata. Tapi apa manfaat dan efek sampingnya?

Xendo citrol misalnya. Obat ini memiliki kandungan steroid (dexamethasone) yang bermanfaat untuk sakit mata akibat infeksi bakteri. Namun jika diteteskan pada penyakit mata yang diakibatkan infeksi jamur, maka pertumbuhan jamurnya akan semakin baik. Malah jamurnya bisa semakin banyak.

Sementara xendo fenicol yang mengandung kloramfenikol mampu mencegah tumbuhnya jamur. Akan tetapi obat ini dapat memicu pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap kloramfenikol.

Nah, jadi sebenarnya anda harus mengecek mata anda ke dokter untuk memastikan apa penyebab bengkaknya mata anda. Kebanyakan orang sekarang tanpa ke dokter langsung membeli obat cendo xitrol ataupun cendo fenicol.

Pada prinsipnya setiap obat punya manfaat dan efek samping. Manfaat yang tepat dari obat bisa didapatkan jika diberikan pada indikasi yang tepat pula. Artinya keampuhan obat itu sendiri tergantung pada penyakit yang akan diobati bukan dibandingkan dengan obat lain.

Terima kasih,
Semoga bermanfaat.
Samuel Pola Karta Sembiring
klik disini untuk ajukan konsultasi.

Kata kunci yang merujuk pada halaman ini:
kegunaan cendo xitrol, dosis cendo phenicol, obat tetes tobro

Share on Facebook: Share