Konsultasi#333: Nyeri Kepala Disertai Mimisan

Jawaban Konsultasi

saya mw bertanya,saya pny tmn dia sdh 2th ini sering sekali skt kepala yg bnr” skt & saat skt kepala itu sering d’barengi dgn mimisan yg g layak krna mimisan’a byk bgd sering mual&penglihatan’a jd rada rabun.
yg sy mw tnyakan gejala skt apa ya itu & bgaimana cra pengobatan’a
trimakasih

Jawab:
Selamat sore.
Nyeri kepala merupakan rasa tidak nyaman yang dikeluhkan pada regio kepala. Nyeri kepala dapat berupa tanda dari penyakit lain atau dapat juga merupakan nyeri kepala primer sendiri. Area kepala yang dirasakan nyeri dapat memberikan informasi agar kita bisa menentukan jenis nyeri kepalanya maupun penyebabnya.

Nyeri kepala primer sendiri bisa akibat migrain (nyeri kepala sebelah), tension (akibat tegang. Biasanya dikeluhkan bagian depan kepala), cluster (di daerah mata) maupun nyeri kepala sinusitis.

Teman anda mengeluhkan sakit kepala di bagian sebelah mana kah? Dan apakah mimisan selalu menyertai nyeri kepala?

Mimisan atau epistaxis sendiri terdiri dari dua jenis yaitu epistaxis anterior (berasal dari pembuluh darah bagian depan) ataupun epistaxis posterior (berasal dari pembuluh darah bagian belakang). Epistaxis anterior umumnya dapat berhenti dengan mudah bila dilakukan penekanan pada sumber perdarahan. Sedangkan epistaxis posterior lebih sulit.

Nyeri kepala yang disertai mimisan mungkin dapat mengarahkan kita kepada hipertensi. Sebab hipertensi dapat memberikan tanda nyeri kepala juga mimisan. Tetapi kita juga perlu pastikan usia dari teman anda.

Jika mimisan tidak dapat berhenti atau sulit berhenti, saya menganjurkan teman anda untuk segera ke IGD. Sedangkan untuk nyeri kepala dapat diatasi dengan pertolongan pertama yaitu mengonsumsi anti nyeri kepala paracetamol terlebih dahulu. Bila nyeri kepala berulang, segera periksakan ke dokter.

Terima kasih
Semoga bermanfaat.
dr. Samuel Pola Karta Sembiring
Website: http://samuelkarta.com
Email: dokter@samuelkarta.com
klik disini untuk ajukan konsultasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree