Konsultasi#332: Nyeri Dada Kiri. Penyakit Jantung kah?

Jawaban Konsultasi

Sudah 2 kali dada sebelah kiri saya sakit…awalnya dari bahu lama2 menjalar ke dada kri sampe belakang seperti di tusuk dan sesak nafas…apakah ini gejala penyakit jantung atau masuk angin biasa..? Kejadian pertama kali ketika saya sehabis kehujanan dan rasa sakitny sekitar 30 menitan. Yang kedua pada saat saya santai tapi sakitnya cuma sebentar setelah di kerokin..

Jawab:
Selamat siang.

Nyeri dada bukan lah gejala yang bisa kita anggap sepele. Karena ini bisa jadi tanda dari penyakit-penyakit yang fatal. Tanda ini bisa berasal dari jantung, paru-paru atau pun lambung.

Penyebabnya bisa beragam. Untuk menentukan penyebabnya harus dengan pemeriksaan lebih lanjut. Penyebab dari jantung biasanya bisa diketahui dengan pemeriksaan ekg. Serangan jantung biasanya ditandai dengan nyeri dada kiri dan inin merupakan penyakit yang fatal.

Penyakit dari paru-paru misalnya seperti infeksi atau asma juga memberikan gambaran nyeri dada. Bahkan gejala penyakit lambung juga mirip seperti nyeri dada.

Kamu sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Saat terjadi serangan nyeri dada, mungkin bisa dilakukan pemeriksaan ekg. Bila memang saat ini sedang tidak terjadi serangan, saya tetap anjurkan untuk berkunjung ke dokter, agar penyakit penyerta atau riwayat lainnya dapat diketahui.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat
dr. Samuel Pola Karta Sembiring
Website: http://samuelkarta.com
Email: dokter@samuelkarta.com
klik disini untuk ajukan konsultasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree