Konsultasi#327: Sering Berkeringat di Ruang Ber-AC

Jawaban Konsultasi

kenapa saya sering berkeringat di ruang ber AC padahal saya tidak merasakan panas malahan saya merasakan kedinginan,dan telapak tangan saya juga sering basah
apa kah itu gejala penyakit jantung?..

Jawab:
Selamat sore.

Berkeringat merupakan tanda dari banyak hal. Berkeringat umumnya adalah tanda fisiologis tubuh untuk membuang panas dari tubuh. Cara ini dilakukan tubuh untuk mendapatkan suhu dingin. Sehingga “berkeringat” tidak bisa dijadikan penyakit. Justru ini membantu kita untuk mencapai keseimbangan kondisi fisiologis yang seimbang. Walaupun “berkeringat” bisa jadi merupakan respon terhadap suatu penyakit atau kondisi.

Alasan mengapa kamu berkeringat di ruang yang justru bersuhu dingin bisa beragam. Bisa juga kamu baru saja selesai aktivitas dari luar ruangan. Hal ini normal. Tubuh tentu akan melakukan “berkeringat” sebagai salah satu bentuk pembuangan sisa energi atau hasil metabolisme.

Kondisi normal lainnya adalah metabolisme tubuh kamu yang tinggi. Bagi beberapa orang ini normal, namun dampaknya sering berkeringat atau mudah berkeringat.

Keringat berlebih kita sebut hiperhidrosis. Dan ini tidak selalu menjadi tanda khas suatu penyakit. Salah satu contoh penyakit yang sering mengalami berkeringat ialah hipertiroid. Pada penyakit ini terjadi proses hipermetabolisme, sehingga berdampak pada keringat berlebih.

Penyebab lainnya banyak lagi. Jadi kamu perlu untuk mengobservasi tanda-tanda lainnya. Saran saya, kamu boleh memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

dr. Samuel Pola Karta Sembiring
Website: http://samuelkarta.com
Email: dokter@samuelkarta.com
klik disini untuk ajukan konsultasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree