Dear Dokter,
Saya mau nanya mengenai penyebab sering sakit kepala selain karena sinusitis itu kira2 apa ya? Udah sampai ct scan kepala tp hasilnya baik.
Kata salah seorang dokter, kalau salah satu tubuh terkena infeksi maka pasti akan sakit kepala, bener ya? Cara tau bagian mana yang infeksi gimana ya dok?
Terima kasih

Jawab:

Selamat siang mbak Raeka.

Nyeri kepala dapat kita artikan sbg rasa tidak nyaman pada regio kepala. Dan nyeri kepala sebenarnya lebih sering dianggap gejala dibandingkan disebut sebagai penyakit.

Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari yang paling ringan seperti stres, masalah psikosomatik, hipertensi, sinusitis, hingga yang paling berat seperti peradangan saraf wajah dan peningkatan tekanan intrakranial dalam tengkorak. Penyakit lainnya yg cukup sering mengakibatkan nyeri kepala antara lain nyeri kepala Migrain, Cluster dan Tension.

Bila hasil ct scan kepala menunjukkan hasil normal berarti tidak dijumpai masalah organik dalam kepala. Sehingga kita bisa menyingkirkan adanya kemungkinan perdarahan atau massa dalam kepala.

Infeksi tidak harus selalu menyebabkan nyeri kepala. Infeksi pada selaput otak memang dapat mengakibatkan nyeri kepala tetapi infeksi pada organ tubuh yg lain tidak mnyebabkan nyeri kepala. Sehingga pernyataan tadi tidak benar/konsisten.

Infeksi bisa ditandai dengan demam atau peningkatan leukosit dalam pemeriksaan darah.

Nyeri kepala pada usia muda, sering saya jumpai biasanya dikarenakan Tension Headache (faktor stres atau kelelahan), Migrain, Sinusitis, psikosomatik, sakit gigi, dan penyakit lambung/maag (biasanya sering pusing).
Semoga bermanfaat.

dr. Samuel Pola Karta Sembiring
Website: samuelkarta.com
Email: dokter@samuelkarta.com
klik disini untuk ajukan konsultasi

Referensi:
- Sembiring, Samuel. 2017. Nyeri kepala: Kenali dan Cegah. Leutikaprio: Medan