Sam, saya tgl 6 februari 2012 diaagnosa dokter setelah ronsen dan test spiro meter bronkitis yang mau saya tanyakan dada saya ini sering sekali nyeri baik di kanan maupun kiri klo pas tidur suka sesak nafas setelah diobati batuknya sudah jauh berkurang 70 persen paling tinggal pagi saja batuk masih ampek kadang kadang meskipun gk batuk riaknya masih sering keluar ya 5 hari ini an.sama memang cenderung gemuk berat 184 tinggi 167 tetapi kolesterol saya normal 174 tekanan darah normal kadang 120 kadang 110 asam urat juga masih normal sekrng saya menjalani diet juga supaya lebih kurus tp yang aneh kenapa selauruh badan saya suka sakit seperti di lambung uluhati punggung kadang kang kadang pula pusing tp gk berat sesaknafas dan nyerinya pun ringan cuma sering apakah itu efek dari bronkitis atau a! da penyakit lainya seperti maag atau jantung meskipun usia saya masih muda 21 tahun dokte soalnya pas di ronsen di paru paru tidak ada fleknya juga terimakasih dokter semuga sehat selalu
(H)

Jawab:
selamat malam H. :)

Maaf atas keterlambatan saya menjawab konsultasi kamu.
Dada dan perut kamu nyeri dikarenakan penggunaan otot-otot di perut dan di dada saat batuk yang keras (atau batuk ringan dengan frekuensi yang sering).

Yang saya baca dari penjelasan keluhan kamu, tampaknya hampir semua masih dalam batas yang wajar.
Pada bronkitis memang tidak dijumpai flek. Flek dijumpai pada tuberkulosis. Gambaran radiologis bronkitis biasanya tampak seperti serat-serat benang putih.

Nyeri perut dan dada kamu akan menghilang secara perlahan-lahan begitu penyakit bronkitis kamu sembuh. Jika nyeri kamu ini sangat mengganggu sehingga kamu tidak dapat beraktivitas dengan baik, maka mintalah resep obat pereda nyeri pada dokter kamu.

Terima kasih
Semoga bermanfaat
Samuel Pola Karta Sembiring
twitter: @morphostlab
klik disini untuk ajukan konsultasi.