pak, saya mau tanya saya kan sering masuk angin panas dingin badan sering pusing badan g enak dll….trus saya ke dktr 4 kali ternyata sembuh sebentar tok kambuh lagi tyus saya bekam…apakah bekam itu salah satu jalan keluarnya..???
(A)

Jawab:
Selamat malam pak. :)

Mengenai bekam mungkin saya kurang paham. Walaupun banyak referensi yang mengatakan bekam itu baik, namun saya tidak menganjurkan bila diterapkan pada indikasi yang tidak tepat. Mungkin bapak dapat menanyakan kepada ahli yang melakukan bekam untuk info lebih lanjut.

keluhan bapak memang kurang spesifik, sehingga saya harus menerka-nerka apa sebenarnya penyebabnya. Namun pada prinsipnya pengobatan akan tetap tidak efektif bila pemicu atau penyebabnya tidak dicegah.

Bapak mungkin mengalami kelelahan atau mengalami masuk angin disertai myalgia (pegal otot akibat udara dingin). Keluhan-keluhan semacam ini memang dapat diatasi dengan obat-obat seperti multivitamin dan sebagainya. Namun harus dibarengi juga dengan usaha untuk menghindarinya.

Bapak boleh coba untuk menelaah kembali apa-apa saja penyebabnya. Mungkin bapak sering keluar naik sepeda motor pada malam hari sehingga sering masuk angin dan badan pegal-pegal atau bapak sering mempunyai aktivitas yang berat sehingga cepat lelah dan pusing.

Itu mungkin saran yang bisa saya sampaikan. :)
Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Terima kasih pak.
Samuel Pola Karta Sembiring
twitter: @morphostlab
klik disini untuk ajukan konsultasi.