sam saya mau tany, saya sering merasakan sakit pada dada sblh kiri yg mana kadang pas sakit itu gak bisa di buat gerak jadi kalau mau gerak harus dg badannya..terus kadang jg merasakan sakit(nyeri) didada sblh kanan, namun yg sering itu di sebelah kiri, terus dalam bebrapa bulan saya sering sesak nafas stlah naik tangga, ataupun stlh batuk dan pada saat dingin banget saya ,merasa sesak nafas, terus saya sering sakit kepala yg berat banget sampai-sampai saya mengeluarkan airmata gak tahan dengan sakitnya, telapak tangan saya sering bekeringan dan kadang tangan saya sering gemetar.
menurut samuel ini kenapa?
dan kalau pun periksa, saya periksa kedokter apa?
kalau boleh tau biasanya buat periksa itu habis berapa sam?
(I)

Jawab:
Selamat siang. :)

Kita belum tahu apa penyebab rasa nyeri pada dada kiri dan kanan kamu. Sehingga kita memerlukan pemeriksaan untuk mengetahuinya. Biayanya dapat lebih 100 ribu sampai 500 ribu. Pemeriksaannya meliputi EKG, rontgent paru dan lain-lain.

Yang paling sering menyebabkan rasa nyeri pada dada adalah jantung ataupun paru. Berdasarkan keluhan yang kamu paparkan, tampaknya penyebab yang mungkin adalah salah satu dari keduanya. Namun tetap harus dengan pemeriksaan untuk menyingkirkan penyebab lainnya.

Gangguan jantung (angina) memang dapat membuat dada kiri terasa sakit. Dan tidak jarang dada kanan juga ikut sakit. Biasanya hal ini disebut nyeri yang menjalar (referred pain). Namun pada gangguan paru juga dapat terjadi nyeri pada dada. Baik itu dada kiri atau dada kanan atau keduanya. Di tambah lagi ada keluhan batuk dan sesak napas (pada gangguan jantung juga bisa terjadi).

Sehingga saya menyarankan kamu untuk menemui dokter umum terlebih dahulu. Supaya dari hasil pemeriksaan oleh dokter umum kamu dapat dirujuk ke dokter spesialis yang tepat.

Terima kasih :)
Semoga bermanfaat
Samuel Pola Karta Sembiring
twitter: @morphostlab
klik disini untuk ajukan konsultasi.