hallo…ane mw konsultassi ni…
knp y saudari sy penyakitnya g sembuh2…pdhl udah ke dokter tp, ttp g mempan…kata dokter itu si kena kutu kucing tp, hampir 2 bulan g sembuh, udh di kasih obat dr dokter+sarannya eh malah menjalar ke badan tubuh yg lain seperti tangan,kaki,leher,paha, dll., apakah dia beneran terkena kutu kucing atau diabetes namun, bl diabetes dia tdk menunjukkan gejalanya!
tkt nular jg soalny prnh dulu kena scabies.
thank’s before
(R)

Jawab:
Selamat sore R.

Saya tidak bisa memastikan apa penyebab keluhan/masalah saudari kamu. Entah itu kutu kucing (Ctenocepahlides felis) atau entah itu scabies (Sarcoptes scabiei) atau yang lain. Namun yang jelas kemungkinan besar saudari kamu terinfeksi parasit. Untuk memastikannya harus dengan pemeriksaan. Minimal pemeriksaan fisik.

Akan tetapi, karena dokter saudari kamu sudah menegakkan diagnosis “terinfeksi kutu kucing” maka saya harus sepakat dengannya. Berhubung saya tidak bisa lakukan apa-apa untuk memeriksa saudari kamu.

Alasan utama yang membuat infeksi parasit sulit disembuhkan adalah kurang terjaganya kebersihan diri. Ini yang membuat terjadinya infeksi berulang walau sudah diberi obat.
Segala pakaian, celana, sarung bantal, seprai, dan segala barang yang dia pakai harus dicuci. Kuku kaki dan tangannya juga harus dipotong.
Lalu, jika kamu mempunyai kucing, maka rajin-rajin lah untuk memandikan kucing kamu. Jangan lupa juga untuk membersihkan kandangnya atau tempat-tempat dimana ia sering kunjungi.

Mungkin itu yang bisa saya jelaskan.
Kurang lebihnya saya mohon maaf

Terima kasih
Samuel Pola Karta Sembiring
twitter: @morphostlab
klik disini untuk ajukan konsultasi.

Kata kunci yang merujuk pada halaman ini:
tangan gatal kutu kucing

Share on Facebook: Share