Apakah selama cacing ini berjalan di bawah kulit mengeluarkan telur, lalu meninggalkan telur cacingnya di dalam kulit? apakah obat yang diminum dapat menuntaskan cacing tsb, jika memang mati, apakah nantinya tidak membusuk didalam kulit? mohon penjelasannya . terima kasih.
(N)

Selamat sore N. :)

Cutaneous Larva Migrans (CLM) disebabkan oleh cacing tambang Ancylostoma braziliense dan Ancylostoma caninum. Keduanya merupakan parasit pada anjing dan kucing. Larva dan telurnya dapat ditemukan pada feses anjing atau kucing yang terinfeksi.

Larva dari cacing tambang ini mampu melakukan penetrasi kulit yang tidak terlindung seperti pada tangan dan kaki (tidak pakai alas kaki).

Pada binatang, larva ini mampu berpenetrasi sampai ke dermis dan bersirkulasi lewat sistem limfatik dan vena menuju paru-paru. Larva-larva ini masuk ke alveoli dan bermigrasi ke trakea dimana mereka akan tertelan. Ketika tertelan mereka akan sampai di usus diamna mereka akan matang secara seksual sehingga telur-telur akan dihasilkan.

Namun pada manusia hal ini tidak berlaku. Larva-larva ini kehabisan enzim kolagenase untuk melakukan penetrasi hingga dermis. Jadi mereka ini hanya akan tetap di bawah kulit saja. Selama di kulit telur tidak akan dihasilkan. Sebab mereka belum matang secara seksual sebelum sampai ke usus.

Obatnya dapat menghancurkan larvanya dan tidak akan membuat pembusukan di bawah kulit.

Terima kasih
Semoga bermanfaat
Samuel Pola Karta Sembiring

http://www.morphostlab.com

twitter: @morphostlab
klik disini untuk ajukan konsultasi.