saya ibu rumah tangga usia 29 tahun dengan berat dan tinggi badan 44 kg/151 cm,udah 3 tahun ini saya sakit batuk berdahak yang kadang disertai sesak nafas tiap hari, sering flu dan hidung tersumbat, terasa perih dan ada bunyi mengi saat menarik nafas, tenggorokan terasa mengganjal dan kadang terasa tercekik sehingga membuat saya bernafas melalui mulut dan kadang kalo lg kambuh sesaknya bisa dirasakan gerakan paru2 kanan saat manarik dan membuang nafas, saya udah lima kali rontgen..cek sputum( 2kali dan hasil negatif), cek darah…dan hasilnya kelimanya bukan tbc, hasil rontgen 1 menyatakan gejala bronkhitis…yang ke2 dan ke3 menyatakan bronchopneumonia dextra…dan yang ke4 dan 5 hasilnya asma bronkial….dari cek darah terakhir hasilnya Ig E saya 361 sedangkan yang lain normal, untuk kasus`s! eperti saya ini saya harus konsul ke dokter apa? selama ini saya berobat ke dokter paru dan tidak ada perubahan, perlukah saya melakukan endoskopi? saya khawatir terkena kanker paru…terima kasih sebelumnya…
(A)

Jawab:
Selamat siang!
Sebenarnya pilihan Anda untuk berobat ke dokter paru sudah tepat kok. Karena memang dokter Paru menangani permasalahan yang terkait pernapasan dan imunologik. Dan keluhan Anda tampaknya mengarah kepada keduanya.

Saya mungkin tidak bisa menjelaskan banyak. Tapi anda perlu tahu tentang kanker paru. Supaya anda tidak perlu khawatir terkena kanker paru.

Gejala-gejala umum yang sering dialami penderita kanker paru antara lain:
-batuk terus menerus
-sakit dada ketika batuk atau tertawa
-napas pendek dan bengek seperti orang asma
-dahak berdarah
-sering mengalami infeksi berulang,
-suara serak/parau
-ujung jari membesar
-berat badan menurun dan kehilangan nafsu makan
-emosi yang tidak stabil dan depresi

Tapi tetap saja perlu pemeriksaan untuk memastikannya.

Endoskopi?
Saya sering mendengar tes ini untuk memeriksa bagian dalam perut. Tapi belakangan saya mendengar tes ini dilakukan sebelum operasi kanker paru.
Saya rasa anda belum perlu untuk melakukan ini. Akan tetapi jika anda belum merasa puas sebelum tes ini dilakukan, tidak masalah.

Pertama kali membaca keluhan anda, yang pertama kali terpikirkan oleh saya adalah penyempitan pada saluran pernapasan anda. Bisa jadi akibat membengkaknya dinding saluran pernapasan atau bisa juga karena menumpuknya banyak dahak di saluran pernapasan.

Tidak banyak yang bisa saya jelaskan, karena saya rasa tindakan anda sudah tepat kok. Berobat pada dokter paru.
Mungkin akan lebih jika anda berobat ke dokter paru lain untuk meminta second opinion (pendapat).

Terima kasih
Sekian,
Samuel Pola Karta Sembiring
klik disini untuk ajukan konsultasi.


Share on Facebook: Share