Hi, saya mau nanya nih
Saya awalnya gemuk, kemudian saya mengonsumsi obat pelangsing selama ± 3 bln disertai olahraga 3x seminggu (2x sehari)
Efek positifnya : saya jadi benar2 kurus.
Efek negatifnya : saya mulai merasakan sesak napas yg gak karuan, jantung saya berdebar2 n berdetak cepat, bdn lemas, bahkan saya sulit untuk menaiki tangga.
Saya pernah disarankan untuk rekam jantung n cek kelenjar thyroid saya. Saya mau tahu apa yg terjadi dgn saya sebenarnya. Terima kasih
(JE)

Jawab:
Apakah kamu membaca komposisi obat yang kamu makan itu? Dan apakah kamu membaca efek sampingnya?

Wajar saja kamu dianjurkan cek jantung dan cek kelenjar thyroid. Mengapa? Mungkin dokter ragu apakah kamu punya penyakit jantung atau tidak karena kamu punya keluhan jantung berdebar-debar. Kalau soal kelenjar thyroid, bisa jadi kamu hyperthyroid. Ciri-cirinya memang hampir sama dengan keluhan yang kamu paparkan.

Kurus, jantung berdebar-debar, lemas, sering merasa kepanasan dan lain-lain. Itu ciri-ciri hyperthyroid.

Sekedar menambah saja, hyperthyroid ini merupakan berlebihnya hormon bebas tiroid (T4/tiroksin) dan triiodothyronine (T3). Banyak penyebab hyperthyroid. Salah satunya obat-obatan seperti amiodarone dan interferon alpha.

Kesimpulannya, bisa jadi kandungan obat yang kamu makan itu menginduksi jantung kamu berdebar cepat atau mungkin juga menstimulasi lebih banyak hormon dan pro-hormon tiroid.

Jadi, kita tunggu saja hasil lab kamu itu.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.
Samuel Pola Karta Sembiring
klik disini untuk ajukan konsultasi.

Share on Facebook: Share