mau konsul ni, kan ada orang yg bilang, kalau mau bersihkan telinga ke dokter, harus di tetes kan dulu cairan H2O2 supaya lunak kotorannya dan tidak sakit jika dibersihkan,
apakah berbahaya bagi telinga jika kita tetes kan cairan H2O2 selama 5 hari atau lebih ??

Jawab:
Cairan hidrogen peroksida (H2O2) memang cairan yang sering dipakai dokter THT untuk melunakkan kotoran telinga kita. Kotoran telinga kita atau serumen terbagi atas 3 jenis. Yaitu kotoran cair, lunak, dan keras. Nah, untuk kotoran telinga keras biasanya cairan hidrogen peroksida ini digunakan.
Kalau dilihat dari kasus masalah anda, mungkin serumen yang dimaksud adalah serumen keras. Nah, ada baiknya serumen tersebut langsung dikeluarkan setelah diteteskan hidrogen peroksida. Tapi, jika serumennya belum lunak juga, tidak ada salahnya kalau langsung ke dokter THT. Supaya lebih pasti. :)
Sejauh ini belum ada dampak khusus dari pemakaian hidrogen peroksida (H2O2) berlebih. Yang saya tahu tidak ada efek merugikan dari cairan ini. Kalau anda masih mengkhawatirkan hal ini, ada baiknya juga jika anda langsung menanyakannya pada dokter spesialis THT.
Terima kasih,
Samuel Pola Karta Sembiring
FK USU 2009
Klik disini untuk kirim konsultasi.
Kata kunci yang merujuk pada halaman ini:
hidrogen peroksida telinga, h2o2 untuk telinga, hidrogen peroksida