Gigi yang rusak perlu untuk dicabut. Di kalangan masyarakat, pencabutan gigi biasanya dilakukan sendiri. Walaupun sebenarnya dianjurkan untuk datang ke dokter spesialis bedah mulut atau dokter gigi. Pencabutan gigi terdengar “sepele”. Mungkin itu alasannya masyarakat awam enggan untuk pergi ke dokter untuk mencabut gigi. Padahal pencabutan gigi oleh dokter tentu memiliki hasil yang jauh lebih baik serta dengan komplikasi yang lebih sedikit.

Sebelum pencabutan gigi dilakukan terlebih dahulu dilakukan injeksi anastesi untuk menghilangkan rasa nyeri pada jaringan daerah gigi yang akan dicabut. Umumnya diberikan anestesi lokal, tetapi apabila gigi yang dicabut dalam jumlah banyak atau semua maka dianjurkan untuk memakai anestesi umum. Anestesi umum mencegah rasa nyeri yang dirasakan seluruh tubuh sekaligus menidurkan pasien selama prosedur pencabutan gigi berlangsung.

Apabila pencabutan meninggalkan soket atau lubang maka gusi perlu dijahit. Gigi yang dicabut dapat diganti dengan implant gigi ataupun gigi palsu.

Pada beberapa kasus, masa recovery membutuhkan waktu sampai beberapa hari. Berikut adalah cara-cara untuk mempercepat masa perbaikan:
- Konsumsi obat anti nyeri sesuai resep dari dokter gigi atau spesialis bedah mulut
- Setelah 24 jam, bilas mulut dengan air garam yang hangat beberapa kali sehari untuk mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan nyeri. Buatlah air garam dengan mencampurkan satu sendok the garam (5 gram) dalam gelas yang berukuran sedang yang telah terisi air hangat.
- Gantilah kain kasa/kapas setiap kali sudah basah karena darah
- Relaks atau istirahat yang cukup. Aktivitas fisik dapat meningkatkan perdarahan
- Hindari merokok
- Makanlah makanan yang lembut. Secara teratur tambahkan makanan padat dalam diet untuk meningkatkan proses penyembuhan.
-