gigi diabetesPenyakit Diabetes yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan penyakit periodontal pada orang muda maupun dewasa. Penyakit periodontal merupakan penyakit infeksi pada gusi dan tulang yang menyokong gigi pada tempatnya.

Diabetes dan penyakit periodontal
Pada diabetes terjadi perubahan pembuluh darah yaitu penebalan pembuluh darah. Hal ini dapat mengurangi efisiensi aliran nutrisi serta upaya pembuangan zat sisa dari dalam tubuh. Kerusakan ini dapat melemahkan gusi dan tulang gigi, sehingga dapat membuat seseorang cenderung rentan terhadap infeksi periodontal.

Di tambah lagi, apabila diabetes tidak dikontrol dengan baik maka pertumbuhan bakteri pada rongga mulut dapat meningkat akibat tingginya kadar glukosa pada cairan mulut.

Faktor lainnya yaitu kebiasaan merokok, dimana kebiasaan ini dapat memperburuk kesehatan oral pada mereka yang bukan diabetes. Apalagi jika seseorang penderita diabetes yang merokok maka risiko terjadinya penyakit periodontal dapat semakin tinggi lagi dibanding mereka yang tidak memiliki diabetes.

Apa gejala dari penyakit periodontal?
Berikut ini adalah gejala-gejala utama dari penyakit periodontal. Setiap individu mungkin mengalami gejala-gejala yang berbeda-beda.
- Merah, bengkak, dan gusi lunak
- Gusi berdarah ketika bersikat gigi
- Gigi-gigi menjadi longgar
- Nafas bau
- Terdapatnya nanah antara gigi dan gusi
Gejala-gejala penyakit periodontal dapat mirip dengan kondisi medis atau penyakit lain.

Apa saja tipe-tipe dari penyakit periodontal?
Tipe-tipe penyakit periodontal dapat diklasifikasikan berdasarkan stadium/derajat penyakit.
- Gingivitis
Penyakit tipe ini merupakan tipe yang paling ringan, gusi tampak merah, bengkak dan lunak, sehingga dapat mengakibatkan perdarahan apabila disikat.
- Periodontitis ringan
Gingivitis yang tidak diobati dapat berubah menjadi periodontitis ringan. Pada stadium ini penyakit periodontal menunjukkan tanda-tanda tulang disekitar gigi mulai goyah. Dibutuhkan perhatian medis yang tepat untuk mencegah kerusakan lebih jauh.
- Periodontitis moderat hingga berat
Pada tahap ini, jaringan ataupun tulang disekitar gigi sudah menunjukkan destruksi atau kerusakan yang nyata

Pengobatan Penyakit periodontal
Tatalaksana spesifik untuk penyakit periodontal ditentukan berdasar
- Umur, kesehatan kondisi umum dan riwayat medis
- Keparahan penyakit
- Toleransi individu (penderita penyakit periodontal) terhadap pengobatan, prosedur atau terapi yang khusus.

Pengobatan pada umumnya adalah sebagai berikut (dapat juga berupa kombinasi dari tindakan berikut):
- Pengangkatan plak
Pembersihan secara mendalam dapat menghilangkan plak dan jaringan yang terinfeksi pada tahap awal penyakit, sekaligus menghaluskan permukaan akar gigi yang telah rusak. Gusi yang telah terpisah dapat dilekatkan kembali ke gigi.
- Obat-obatan
- Tindakan bedah
Ketika kondisi penyakitnya sudah semakin sulit, daerah dibawah gusi yang telah terinfeksi harus dibersihkan dan jaringannya dapat diposisikan kembali atau diganti. Jenis tindakan bedah yang umum dilakukan pada kasus penyakit ini antara lain:
• Pocket reduction
• Prosedur regenerasi
• Soft-tissue graft
• Crown lengthening
- Implant gigi

Diabetes dan masalah oral lainnya
Diabetes dapat mengakibatkan masalah-masalah oral yang lain termasuk:
- Sariawan
Sariawan merupakan infeksi jamur pada mulut, dapat terjadi lebih sering pada penderita diabetes karena tingginya kadar glukosa pada saliva. Jamur dapat tumbuh subur pada glukosa.
- Mulut kering (xerostomia)
Mulut kering berarti mulut dalam kondisi tidak dapat mengeluarkan saliva yang cukup untuk membuat mulut berada dalam suasana yang basah. Saliva penting untuk mencerna makanan, dan mencegah infeksi serta gigi busuk dengan mengontrol bakteri dan jamur. Mulut kering dapat mengakibatkan fungsi perasa, mengunyah sering menelan makanan menjadi sulit dan dapat menghambat bicara.
- Walaupun setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda, namun gejala mulut kering sering dikeluhkan:
o Lengket, mulut kering
o Bibir kering
o Adanya sensasi terbakar dalam mulut
o Lidah keras
o Infeksi mulut

Pengobatan mulut kering bergantung pada pada penyebabnya. Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan, penyakit, pengobatan kanker, dan kerusakan saraf. Beberapa tips untuk mencegah gejala mulut kering antara lain:
- Sering minum air putih atau cairan-cairan lain yang rendah gula
- Hindari kafein
- Minum air saat makan
- Hindari makanan pedas dan bergaram
- Hindari rokok dan alkohol.