imagesApa itu Hemofilia?

Hemofilia merupakan gangguan perdarahan yang cukup jarang terjadi dimana darahmu tidak dapat membeku secara normal.

Jika kamu penderita hemofilia, kamu mungkin mengalami perdarahan lebih lama dibanding orang normal sesudah terluka. Dan mungkin juga perdarahan internal, khususnya pada lututmu, pergelangan kaki, dan siku. Perdarahan ini dapat menyebabkan kerusakan organ atau jaringan tubuhmu dan bahkan kematian.

Tinjauan

Hemofilia biasanya diturunkan. Ini artinya gangguan tersebut diwariskan dari orang tua kepada anak melalui gen.

Orang yang terlahir dengan hemofilia hanya memiliki sedikit faktor pembekuan atau bahkan tidak ada. Faktor pembekuan merupakan protein yang dibutuhkan pada pembekuan darah secara normal. Faktor-faktor pembekuan ini terdiri dari beberapa tipe. Protein-protein ini bekerja bersama platelet untuk membantu pembekuan darah. Platelet merupakan fragmen kecil darah yang dibentuk di sumsum tulang – semacam jaringan mirip spons pada tulang. Platelet sangat berperan banyak pada pembekuan darah.

Ketika pembuluh darah terluka, faktor pembekuan membantu platelet saling melekat untuk menyumbat luka di lokasi kerusakan dan menghentikan perdarahan.

Ada dua tipe hemofilia (saat ini sudah 3 tipe). Jika kamu penderita hemofilia A, berarti kamu tidak memiliki atau kekurangan jumlah faktor pembekuan VIII. Sekitar 9 dari 10 penderita hemofilia tergolong hemofilia A. Jika kamu penderita hemofilia B, berarti kamu tidak memiliki atau kekurangan jumlah faktor pembekuan IX.

Cukup jarang, hemofilia diderita secara acquired (diperoleh). Ini artinya kamu juga memiliki kemungkinan menderita hemofilia selama hidupmu. Ini dapat terjadi jika tubuhmu membentuk antibodi (protein0 terhadap faktor pembekuan dalam aliran darahmu. Antibodi mampu mencegah faktor pembekuan untuk bekerja secara normal.

Sudut Pandang

Hemofilia bisa jadi ringan, sedang ataupun berat, tergantung seberapa banyak faktor pembekuan yang ada pada darah. Sekitar 7 dari 10 penderita hemofilia A tergolong tipe hemofilia berat.

Orang yang tidak menderita hemofilia memiliki aktivitas faktor VIII mencapai 100%, sedangkan orang yang menderita hemofilia A berat memiliki aktivitas faktor VIII dibawah 1%.

Sekitar 18000 orang di Amerika Serikat menderita hemofilia. Setiap tahun, sekitar 400 bayi terlahir dengan penyakit ini. Hemofilia biasanya terjadi pada pria.

sumber:

http://www.nhlbi.nih.gov/health/dci/Diseases/hemophilia/hemophilia_what.html.

Kata kunci yang merujuk pada artikel ini:
bagaimana ciri-ciri penyakit hemofilia, ciri-ciri hemofilia

Share on Facebook: Share